Tanggal : 27 Oct 2017

Peringatan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara Bulan Oktober 2017

Penulis : developer
Dibaca : 1062 Kali

Print Friendly and PDF
      Sehubungan dengan arahan ibu negara Hj.Iriana Joko Widodo, pada bulan oktober 2017 akan diperingati sebagai bulan "Deteksi Dini: Wujudkan Wanita Indonesia "Bebas Kanker" melalui Tes IVA dan SADANIS. Kegiatan deteksi dini ini akan dilaksanakan serentak di seluruh Kementerian/Lembaga dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Bersama Dharma Wanita di seluruh daerah di indonesia. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kab/Kota dihimbau untuk melakukan dan memfasilitasi deteksi dini kepada seluruh karyawan wanita di instansi di wilayah kerjanya.

      Yang bertujuan untuk meningkatkan dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dinas kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, dan sumber daya terkait serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam penyelenggaraan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara di bulan Oktober 2017.  

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka bulan deteksi dini yang jatuh pada bulan oktober 2017 bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

1. Seluruh daerah melaksanakan kegiatan promosi pencegahan penyuluhan tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI), promosi gaya hidup sehat/perilaku CERDIK (Cek Kesehatan Rutin, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktivitas Fisik, Diet Sehat Dengan Kalori Seimbang, Istirahat Cukup, Kelola Stres), Seminar Talkshow, Pembagian Media Komunikasi, Informasi dan Edukasi.
2. Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) SADANIS dapat terintegrasi dengan pemeriksaan infeksi Menular Seksual (IMS), Pelayanan KB, skrining kanker payudara lainnya.
3. Kegiatan deteksi dini kanker payudara dilakukan melalui pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS), USG atau mammografi.
4. Penyiapan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat primer dan lanjutan bila ditemukan kasus yang memerlukan rujukan.
5. Teleconference Ibu Menteri Kesehatan RI akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2017 dengan 5 Unit Pelaksana Teknis (UPT)
vertikal tempat pelaksanaan IVA dan SADANIS yaitu :
    a. RSUP Dr. M. Jamil Padang
    b. Poltekkes Tasikmalaya
    c. KKP Pontianak
    d. Balai Litbang Biomedik Papua
    e. Balai Kesehatan Mata Masyarakat Makasar
6. Unit Pelaksana Teknis (UPT) masing-masing unit utama dengan persentase cakupan tertinggi akan mendapatkan penghargaan dari Menteri Kesehatan yang akan diberikan pada saat Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2017.
7. Pencatatan dan Pelaporan dilakukan secara berjenjang.

Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang