Tanggal : 01 Feb 2017

KUNJUNGAN KERJA KEPALA DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT : Ajang Silaturahmi dan Peranan Provinsi terhadap Kabupaten/Kota

Penulis : developer
Dibaca : 2854 Kali

Print Friendly and PDF
Bandung (01/02), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. H. Dodo Suhendar, MM beserta tim kerja melakukan kunjungan kerja ke beberapa UPTD Kesehatan Provinsi Jawa Barat di Kabupaten dan Kota Cirebon pada 25 - 26 Januari 2017

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat beserta tim mengujungi Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, acara kunjungan adalah memperkenalkan SOTK baru dan ajang silaturahmi. Dalam agenda kunjungannya Bapak Kepala Dinas Kesehatan Prov. Jabar menyampaikan sambutan dengan meperkenalkan diri sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat periode baru dan menyoroti berberapa hal mengenai berbagi peranan Dinas Kesehatan Provinsi dalam mendorong kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Dinkes Kab/Kota mendorong kinerja Puskesmas baik dalam penataan pesonal, solidaritas teamwork dalam membangun kebersamaan, mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi dari permaslahan yang ada baik ditingkat kebijakan, manajemen maaupun pelayanan kesehatan, membahas kebijakan yang perlu ditingkatan oleh dinkes provinsi khusunya mengenai PP No 18 tahun 2016 tentang Susunan kedudukan organisasi perangkat daerah yang mengatur Rumah Sakit menjadi UPT Dinas serta UU Nomor 23 tentang pembagian kewenangan pemerintah pusat dan daerah. 

Adapun didalam acara kunjungan provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Cirebon,  dr. H. Ahmad Qoyyim, MARS menyampaikan beberapa usulan rencana kerja mengenai perencanaan yang terintegrasi dengan sistem elektronik (ePlanning, eBudgeting, eMonev, dan RKPD Online), target Renstra Dinkes Kab. Cireobn tahun 2019, Peningkatan SDM, Peningkatan sarana prasaranan maupun pelayanan Puskesmas, Peningkatan pelayanan Call Center C-Ceria sebagai percontohan dinkes kab/kota lainnya. 
  
Bapak Kepala Dinas Kabupaten Cirebon juga menyoroti perihal dana kapitasi yang bersesuaian dengan keputusan Bupati Cirebon No. 410/Kep.537-Dinkes/2016 tentang “Pengelolaan dana kapitasi jaminan kesehatan nasional pada Puskesmas di Kabupaten Cirebon mengatur pemberian jasa pelayanan berdasarkan kinerja”. Menurut Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon perlu dilakukan kajian usulan penggunaan dana kapitasi sebesar 5% agar bisa digunakan untuk pembinaan, manajemen maupun peningkatan SDM, serta pelayanan kesehatan. Setelah mengunjungi Dinkes Kab. Cirebon tim provinsi berkunjung ke Puskesmas Beber. Puskesmas Beber adalah puskesmas yang sudah terakreditasi utama dan kedepannya diharapakan keberhasilan Puskesmas Beber menjadi puskesmas akreditasi utama dapat dipromosikan dan dicontoh oleh puskesmas di kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

Agenda selanjutnya Bapak Kepala Dinkes Provinsi beserta timnya mengunjungi Rumah Sakit Paru Sidawangi. Kunjungan disambut oleh Direktur Rumah Sakit dr. Rr Endang Noersita D, MPH. Didalam kunjungannya membahas mengenai mengenai RSTP Sidawangi yang akan menjadi rumah sakit rujukan baru, kemudian pemenuhan dokter spesialis serta fasilitasi pemenuhan alat kesehatan sebagai pengembangan RS Paru menuju rumah sakit yang berstandar internasional.
Esoknya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat beserta timnya melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kota Cirebon. Kepala Dinkes Kota Cirebon, dr. Edi Sugiharto menyampaikan beberapa hal antara lain mengenai program RSBM (Rumah Sakit Berbasis Masyarakat) yang sudah dimulai dari tahun 2011 yang menjadi terobosan dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Untuk itu, perlu adanya pembinaan dokter spesialis di puskesmas. Pentingnya Surat Izin Praktik lintas rumah sakit apabila ada keadaan emergency dalam penanganan persalinan dan kondisi persalinan dokter luar diperbolehkan untuk melakukan operasi. Perlu kesepakatan bersama antara rumah sakit POGI, IDAI, dan IDI. Yang kemudian ditindaklanjuti setiap usulan dan permasalahan yang diutarakan dalam acara kunjungan tesebut meliputi akan diagendakan rapat pertemuan Dinkes Prov Bidang Yankes dan melakukan kunjungan ke Puskesmas Kalitanjung yang melaksanakan pelayanan ridiologi untuk didokumentasikan dan dipromosikan ke Kab/Kota lain. 

Agenda hari itu ditutup dengan melakukan kunjungan ke Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Cirebon, pihak BKPM Cirebon menyampaikan aka nada pembangunan fisik rehab auditorium pada tahun 2017 serta membangun jejaring RS Gunung Jati dan RS Paru Sidawangi. Pihak BKPM juga mengutarakan usulan-usulan kebutuhan tenaga dokter spesialis serta sarana prasarana dan alat kesehatan. Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan beserta tim melakukan safari kunjungan juga ke Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), Balai Kesehatan Kerja Masyarakat (BKKM), Dinas Kesehatan Kab. Garut, dan Rumah Sakit Pameungpeuk Garut.

Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang