Tanggal : 14 Nov 2016

Upacara Peringatan HKN ke 52 Tahun 2016 "Kita Bangun Generasi Jawa Barat yang Sehat dan Kuat"

Penulis : developer
Dibaca : 1950 Kali

Print Friendly and PDF

Bandung (14/11) - Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 Tahun 2016 berlangsung pada tanggal 14 November 2016 di halaman depan Kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat (Gedung Sate). Upacara dihadiri oleh seluruh Stakeholder Kesehatan Jawa Barat dipimpin langsung oleh Pembina Upacara Bapak Gubernur Ahmad Heryawan. Pembacaan laporan kegiatan HKN ke 52 Tahun 2016 oleh Bapak Asisten Kesejahteraan Rakyat, Ahmad Hadadi selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat  mengenai rangkaian kegiatan peringatan HKN ke 52.

Dalam pelaksanaannya Bapak Gubernur Ahmad Heryawan sebagai pembina upacara  mewakili dalam menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan R.I. Isi sambutan Menkes meliputi;

  1. Tema HKN ke-52 adalah Indonesia Cinta Sehat: dengan Sub Tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat.

  2. Program prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015 – 2019 dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

  3. Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan   Keluarga, ditetapkan 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu (1) Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB); (2) Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan; (3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; (4) Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif; (5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan; (6) Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar; (7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur; (8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan; (9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok; (10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); (11) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih; dan (12) Keluarga menggunakan jamban sehat; Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga  dengan memfokuskan pada 9 Provinsi Prioritas, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

  4. Peluncuran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yaitu, suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Dengan tujuan, agar masyarakat berperilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang.

  5. Mengingatkan kembali pada Gerakan Revolusi Mental dijajaran  kesehatan  dengan 3 nilai  utama  yaitu integritas, kerja keras dan gotong royong yang harus menjadi budaya kerja bangsa Indonesia. Sehingga dengan budaya kerja ini, kita dapat memberikan warna dan arah pada Pembangunan Kesehatan.


Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan oleh Bapak Gubernur Ahmad Heryawan beserta jajarannya kepada para Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat. Diakhir acara Bapak Gubernur bersama para tamu undangan melakukan penandatanganan Komitmen “Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Gerakan Penyelamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir, Kita Bagun Generasi Jawa Barat yang Sehat dan Kuat”.








Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang