Tanggal : 20 Nov 2013

Dukungan Sahabat Membuat Ibu Hamil Melahirkan Bayi Sehat

Penulis : admin
Dibaca : 1452 Kali

Print Friendly and PDF

TRIBUN - Jika Eropa dan Amerika memiliki tradisi baby shower, di Indonesia ada syukuran tujuh bulanan yang tersebar pada seluruh penjuru Nusantara.

Awalnya, tradisi ini merupakan perayaan yang melambangkan kesuburan perempuan. Namun, perjalanan waktu pun memodifikasi ritual leluhur ini dengan kemasan yang lebih modern, dan dimanfaatkan oleh ibu hamil sebagai ajang berkumpul dengan keluarga dan sahabat.

Seperti yang telah sering Anda dengar bahwa ibu hamil yang bahagia akan melahirkan bayi yang sehat pula. Kebahagiaan terbentuk karena lingkungan yang selalu mendukung dan mengerti Anda. Jadi, perbanyak waktu berkumpul bersama orang-orang terdekat selain suami, seperti misalnya sahabat, saudara kandung perempuan, dan orangtua.

Dukungan yang terus-menerus dari lingkungan sekitar terbukti dapat mengurangi rasa sakit ketika proses melahirkan, dan juga bisa menurunkan risiko terjadinya tindakan medis lanjutan, seperti operasi caesar atau induksi.

"Orang-orang yang dekat di hati ibu yang tengah hamil bisa meringankan gejala stres, dengan cara mengekspresikan perasaan tertekan, kekhawatiran, dan paranoid menjelang melahirkan. Tiga hal ini merupakan pencetus terjadinya depresi setelah melahirkan (baby blues syndrome)," terang Dr Sarah Shanahan, ahli kebidanan dan kandungan yang berpraktik di Cape Town dan di Groote Schuur Hospital's Departement of Obstetrics and Gynecology, seperti yang dikutip dari majalah SHAPE.

Kegiatan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat ini, menurut Shanahan, kerap dianggap remeh oleh para ibu hamil. Padahal kelompok pendukung yang positif sangat dibutuhkan terutama untuk perempuan yang baru pertama kali mengandung. Bersama sahabat, apalagi mereka yang telah memiliki pengalaman melahirkan, Anda jadi bisa menimba dan menambah pengetahuan seputar kehamilan dari mereka. (kompas)


File :


Post Terkait

  • Yang Wajib Diketahui Seputar Penularan MERS

    Tanggal : 07 May 2014

    Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) kini telah menyebar luas ke berbagai belahan dunia. Penyakit yang disebabkan oleh virus korona ini sudah menyebabkan 100 kematian di berbagai negara.

    Meski kasus MERS belum ditemukan di Indonesia, kita tetap perlu waspada terhadap penyakit i ...Selengkapnya...


  • SURAT EDARAN WALIKOTA BANDUNG TENTANG KEWAJIBAN MEMILIKI DOKUMEN LINGKUNGAN HIDUP

    Tanggal : 22 Apr 2014

    Berikut kami cuplikan Surat Edaran Walikota Bandung No. 660/SE.20-BPLH tanggal 20 Februari 2014 tentang Kewajiban Memiliki Dokumen Lingkungan Hidup.

                         Menindak lanjuti ...Selengkapnya...


  • Ini Lho Hubungan Antara TB dengan HIV-AIDS

    Tanggal : 04 Mar 2014

    TB atau Tuberkulosis adalah penyakit yang menginfeksi saluran pernapasan dan paru-paru. Gejala umum yang ditemui pada TB antara lain batuk parah, demam dan kehilangan berat badan secara terus menerus. Lalu, apa hubungan antara TB dan HIV-AIDS?

    Laporan WHO menyebutkan 8,6 juta ora ...Selengkapnya...


  • Citarum Masuk 10 Sungai Terkotor Dunia

    Tanggal : 23 Feb 2014

    Berbagai media lokal sampai internasional telah merilis bahwa sungai citarum termasuk satu dari sepuluh sungai terkotor di dunia. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan, mengingat sedikitnya 20 juta orang kehidupannya sangat bergantung terhadap sungai citarum.

    Hal itu terungkap s ...Selengkapnya...


  • Tips Mencegah KLB Diare saat Banjir

    Tanggal : 23 Jan 2014

    Pemerintah sudah menetapkan Jakarta dalam keadaan Tanggap Darurat selama 10 hari sampai tanggal 27 Januari 2013, saat ini kondisi banjir juga belum surut di beberapa lokasi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga memprediksi bahwa hujan dengan intensitas sedang masih bisa turun ...Selengkapnya...


Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang